My profile
Name : ReN-ReN
Age : 22 (going 23 in Feb'08)
Birthday : 20 February 1986
School : Petra Christian University Surabaya, East Java - Indonesia

Archives

Credits
Image: Kao Ani
Imagehost: Image Shack
Layout by: Strawberrific
Sabtu, September 06, 2008
08.36

Kemaren.... Aku sempat dapet liburan..... Ya ga ada kuliah and ga ada kesibukan gitu setelah selesai semester pendek..... Ternyata liburku berdekatan dengan ultah teman terjelek and paling deketku di Solo atau nama lainnya Surakarta.....
Setelah berusaha mencari hari untuk buat surprise birthday for him, Ternyata Yang Di-Atas setuju dengan rencana yang kubuat. Jadilah aku pulang...... Untung aja dia ga tahu.... Tapi ternyata, rencana tidak bisa berjalan lancar.... Ada aja halangan.... Tapi syukur masih bisa terlaksana.... And surprise birthday cake plus kehadiranku pas ultahnya sukses! Senangnya hatiku... ^_^
Setelah beberapa hari di Solo, aku mulai bosen hanya di rumah, di kantor ortu, ato ke mall bareng temen2.... Mungkin gara2 habis dari Bali, aku jadi suka eksplore2 dikit tentang wisata lokal.... Kan pas di Bali, banyak tempat yang bisa di eksplore.... soalnya turis2 terutama yg turis asing, suka banget dengan segala sesuatu yg etnik and unik.
Tiba2 aja kepikiran ide yang dulu ga pernah terpikir ma aku. Dari lahir sampe sekarang, aku ga pernah ngunjungin yang namanya KERATON SOLO. Padahal asli Solo. Jadi biar ga terlalu malu2in.... Aku pengen ngunjungin Keratonan..... Tapi kalo sendirian.... Kayaknya ga asik. akhirnya ngajak temen2 deh.... buat nemenin... Mereka mau.... Seneng donk.... Ga sendirian and ga perlu nyetir motor sendirian..... hehehehehe ;p
Buat yang suka berwisata sekaligus menambah pengetahuan sejarah.... Keraton ini bisa jadi pilihan lho..... Untuk masuk, harus bayar karcis seharga Rp.4000,- per orang. Trus kalo mau foto2 di dlm Keraton, juga ada biayanya lho... Cuma Rp.2000,- aja koq. Ga mahal kan??
Setelah bayar karcis masuk, pengunjung akan dipandu oleh guide dari Keraton. Ternyata, guidenya masih SMK lho.... Para guide ini magang di Keraton.... Menuju pintu masuk Keraton, para pedagang akar wangi sudah menyambut kita. Tur Dalam Keraton dimulai dari singgasana raja saat ini,yaitu Paku Buono ke-13. Tapi sedang ditutup, jadi ga terlalu keliatan juga. Pendopo yang ada singgasana raja ini, dikelilingi dengan pohon2 besar (lupa pohon apa) yg berjumlah sekitar 77 buah, patung2 dari Belanda, patung2 dewa2 Yunani, vas keramik dari Cina, dan pasir dari pantai selatan. Katanya, vas, dan patung2 itu merupakan hadiah dari Belanda, Eropa, dan Cina waktu membangun Keraton. Pasir pantainya juga sudah ada dari dulu. Sampai sekarang, tidak diketahui bagaimana cara mengangkut pasir ke Keraton. Oh ya, kalo masuk daerah singgasana raja ini, pakaian yang terlalu pendek (diatas lutut) harus ditutupi dengan kain yang telah disediakan oleh pihak Keraton (ya mirip kalo masuk pura di Bali gitu.... ^_^).
Dari singgasana, kita diajak berkeliling dalam Keraton yang disulap menjadi museum. Museum berisi benda2 kerajaan dari Keratonan. Seperti lukisan, keris, kursi raja terdahulu, kereta2 kerajaan, dan lain2. Tidak hanya benda2 kerajaan tetapi juga benda2 yang berkaitan dengan sejarah dan budaya masyarakat Solo jaman dulu, seperti relief tentang permainan atau urut2an pernikahan, miniatur masjid Demak (kalo ga slh inget), dayung yang panjangnya puluhan meter... (tapi sayangnya yang ada di museum udah patah T_T), tengkorak kerbau putih pertama yang ada di Keraton, dan masih banyak lagi. Kerbau putih ini, disakral-kan oleh masyarakat Solo. Karena itu, kerbau putih yang ada di alun-alun selatan Keraton, dirawat baik2 oleh Keraton.
Lalu di tengah2 halaman museum keraton, ada sumur yang tidak pernah kering. Penjaga sumur mengatakan, air dari sumur ini bisa langsung diminum. Tidak perlu dimasak dulu. Dan kalo cuci muka dengan air ini, bisa bikin awet muda dan enteng jodoh. Gara2 itu, aku and temen2 langsung semangat nyobain minum and cuci muka. Airnya emang seger banget!! Berhubung aku masih jomblo, ga mau nyia2in kesempatan awet muda and enteng jodohnya. langsung deh cuci muka berkali2... Biar makin awet muda and Jodohnya juga makin enteng... hehehehehe ;p
Cukup menarik lho mengunjungi bangunan sejarah di kota sendiri.... Semakin mengenal kota kelahiran deh! ^_^ Kalo tertarik, langsung aja kunjungi KERATON SOLO! ^_^ Apalagi, di bulan Oktober 2008 nanti, ada salah satu acara yang mendukung program pemrintah, "Visit Indonesia Year 2008". Ada pameran, seminar, dan lain2 tentang Solo. Kayaknya sih... menarik... pengen ikutan juga... Smoga aja bisa pulang pas acaranya akan mulai.... T-T

Label:



Put tag board code here.